0

Bukan gitu, Bunda..

Kejadian yang menarik hari ini adalah ketika Bunda sedang duduk berjemur di teras rumah, Atuk masih asyik bertukang bikin pagar, tetiba mendengar suara heboh Omar yg (pada awalnya) sedang bersepeda.

Bundamil kaget. Ya Allah ga taunya ternyata, sepeda Omar jatuh terlempar ke sungai kecil di depan rumah. Otomatis Bunda dan Atuk langsung heboh lari mengejar sepeda yang hanyut terbawa arus. Alhamdulillah Atuk sigap langsung turun ke sungai dan mengambil sepeda tersebut.

Omar berdiri kaku dan pucat pasi di belakang Bunda. Awalnya Bunda mau marah-marah karena kaget ngeliat Omar ngebuang sepedanya ke sungai depan rumah. Tapi demi melihat wajahnya yang udah cemas, khawatir, takut berubah jadi satu, akhirnya Bunda kasian dan alih-alih langsung marah,

Bunda memilih untuk bertanya, “Kenapa sepedanya Omar buang ke sungai.”

Omar masih diam membisu.

Akhirnya Bunda teringat sesuatu, “Omar mau cuci sepedanya ya?”

Dia menjawab lemah, “iya, Omar mau nyuci sepeda, Nda”.

Bunda baru sadar bahwa sebenarnya Omar hanya ingin meniru dan membantu Bunda yang biasanya akan mencuci roda sepeda Omar terlebih dahulu di sungai sebelum membawa masuk sepeda tersebut ke dalam rumah.

Akhirnya Bunda dengan lembut bilang, “Besok kalo mau nyuci sepedanya minta tolong sama Bunda ya, jangan Omar sendiri, nanti Omar jatuh atau kayak tadi, sepedanya jatuh. Kalo sepedanya hanyut, nanti Omar ga punya sepeda lagi.”

Omar yang dari tadi udah kayak nahan tangis langsung meluk bunda dan menyipitkan matanya lega.

Alhamdulillah bundamil bisa nahan marah dan memilih mengkonfirmasi dulu.

Kegiatan kami lainnya hari ini adalah:

Masih main dengan ayam dan batu.. 😆


Asyik main gasing.

Badge apa yang Bunda dapatkan hari ini? Tadaaaa….

Nilai 3 dari 4 karena Bunda tadi berhasil menggunakan komunikasi produktif sehingga berhasil tetap main dengan bahagia walaupun ada “incident” 😆 Alhamdulillah.

#day6 #Tantangan30hari #KelasKepompong #BundaCekatan #InstitutIbuProfesional

0

Omar oh Omar..

Kegiatan kamii…

Maap hari ini no narasi dulu ya 🙏🏼😊 Tapi InsyaAllah foto-fotonya udah bercerita banyak 😆😆

Badge untuk bunda hari ini adalaahh… tadaaaa….

Nilai 2 dari 4.. Besok insyaAllah lebih semangat lagii 💪💪💪💪

#day5 #Tantangan30hari #kelaskepompong #BundaCekatan #InstitutIbuProfesional

0

Omar dan Kucing Belang

Default kegiatan pagi kami masih sama: berjemur – Omar sepeda-sepedaan – Leslie Walk – Mandi berendam ala Omar – trus makan.

Namun walaupun kegiatannya tetap sama, akan tetapi pasti ada cerita berbeda setiap harinya.

Cerita menarik hari ini adalah tentang Omar dan kucing belang.

Jadi ketika Bunda berjemur dan Omar sepedaan, ada kucing belang yang tiba-tiba mendekat. Ternyata oo ternyata, Omar menaruh roti di bak sepedanya. Kayaknya kucingnya lapar. Yang buat Bunda terpesona adalah alih-alih Omar marah dan ngusir kucingnya, Omar malah turun dari sepedanya dan menawarkan roti kering tersebut untuk si kucing. “Kucingnya lapar, Nda. Kucingnya mau makan.”


Bunda terharu. Empatinya tinggi. Jagoan Bunda ini malah ga takut nyodorin roti tersebut ke mulut kucing. Bundanya yang malah parno sendiri nanti kucingnya salah gigit tangan Omar. Alhamdulillah ga kejadian.

Beberapa saat mereka tampak sibuk berdua: Omar dan si kucing belang. Omar malah sibuk nyodorin potongan-potongan roti tsb sembari berucap, “Ini kucing. Makan lagi.”

Bundanya senyum-senyum melihat si Bujang.

Kejadian menarik lainnya adalah ketika siang hari. Awalnya karena Bunda geje, pas kami berdua lagi tiduran di kamar, tetiba Bunda kepikiran mau ngisengin Omar, jadilah Bunda pura-pura jadi monster dan mau makanin kaki, tangan Omar. Ga taunya respon anaknya super duper heboh. Wkwkwkwk. Bolak-balik lari keluar kamar sambil ketawa terpingkal-pingkal menghindari Bunda, tapi nanti masuk kamar lagi karena penasaran. Dan Bundanya memerankan peran monster dengan totalitas, yang awalnya santai  dengan jati diri kaum rebahan, cuma “hwaaa hwaaa” di atas kasur, sampe akhirnya sembunyi dan ngesot di lantai dan dibelakang pintu kamar untuk ngangetin Omar sambil “hwaa hwaa” pun dijalani. Wkwkkwwk. Dan seru banget, Omar happy banget sambil lari-lari keringetan.

Ternyata benar kata Bu Elly Risman, untuk anak berusia di bawah 5 tahun yang paling penting itu adalah attachment; kelekatan dengan orang tua. Bahkan permainan dengan tubuh orang tuanya saja sudah bisa jadi permainan yang sangat menyenangkan jauh lebih menyenangkan daripada mainan mahal bagi anak.

Dan tetiba Bunda langsung ingat omongan Ayah Omar, “untung badan Bunda ramah anak.” Kayak kingkoil. Baiiikklaaahh. Wkwkwkwkwk

Jadi berapakah nilai Bunda untuk hari ini? Tadaaaaa…..

Nilai 3 dari 4.. alhamdulillaah.. 😊

#day4 #Tantangan30hari #KelasKepompong #BundaCekatan #InstitutIbuProfesional

0

New Challenge!

Pagi ini dimulai dengan kegiatan bertukang.  Sejak kegiatan #dirumahaja, kayaknya hampir setiap hari Atuk bertukang. Apalagi ditambah asisten atuk yang selalu siap membantu, yaitu Uncu dan tentu saja bocah Bunda tersayang; Omar! Haha.

Kegiatan bertukang hari ini dikhususkan untuk memperbaiki AC kamar Bundamil yang beberapa hari ini bocor. Pagi-pagi si Bocah udah heboh “Mau bantu Atuk, nda”. Trus buru-buru ambil sendalnya dan minta digendong Atuk untuk keluar rumah (FYI, di pintu samping sengaja dikasih papan cukup tinggi agar Omar ga bisa keluar rumah semaunya, pagar kayu tsb masih belum bisa dipanjat Omar, jadi masih perlu dibantu [baca:digendong] untuk keluar rumah dari pintu samping.)

Pasukan bertukang pagi ini langsung melesat naik ke lantai 2 untuk memperbaiki AC tsb. Seperti biasa, bagian kerja Omar adalah “ngintilin” dan heboh nanya-nanya Atuk atau Uncu. Haha

Sehabis bertukang, kami kembali melakoni rutinitas pagi hari yaitu berjemur. Berhubung tadi pagi hujan dan gerimis, maka kegiatan berjemur baru dimulai jam 10.00 pagi. Nah anak bujang dengan semangat 45 mengeluarkan sepedanya. Yang menarik pagi ini adalah doi mencoba untuk menantang dirinya sendiri.

Jadi Omar ini sepertinya memang suka tantangan. Kalau sepedaan dalam rumah, bosan melesat kencang dan mencoba mengendarai sepeda dengan berbelok ekstrim, maka biasanya dia akan mengambil berbagai macam barang untuk digunakan sebagai “polisi tidur” untuk menantang dirinya sendiri. Mulai dari sendal, sepatu, kotak tipis, plastik, kotak susu kotak yang sudah kosong bahkan sampai timbangan Bunda pun rusak setelah dijadikan polisi tidur sebagai tantangannya.

Pagi ini, dia mencoba menantang diri dengan bermain sepeda di garasi. Garasi rumah kami memiliki kontur menurun cukup landai dan kemudian berbatasam dengan aspal yang cukup tinggi. Jadi ibaratnya kita meluncur turun kemudian kepentok oleh aspal untuk kemudian sedikit didaki agar bisa meluncur di jalan rata lagi.

Nah Omar memanfaatkan kondisi garasi yang cukup landai ini untuk menantang dirinya bersepeda backward. Haha.  Seolah-olah sedang parkir mundur doi mengeluarkan backsound teet-teet-teet-teet ala kamera belakang mobil sambil meluncur dan kepentok aspal,  naikin aspal tetap dalam posisi mundur, sepedaan di jalan rata, trus balik lagi ke garasi dan meluncur mundur. Gitu terus sampe belasan kali. Ga bosen-bosen.

Berhentinya sampe Bunda selesai berjemur dan ngajakin Omar kembali masuk ke dalam rumah. Anak happy main sepeda bolak balik di luar- di garasi- di luar sambil kena matahari, Bundanya happy duduk manis berjemur di halaman sama Oma, Atuk happy berjemur sambil bikin pagar untuk tanaman di depan. Semua bahagia. Win-win solution.

Abis berjemur, kami lanjut Leslie Walk 15 menitan. Abis itu mandi. Sejak doi sembuh abis demam minggu lalu, doi kembali ke default “Omar kan udah sembuh, Bunda. Omar masuk bak ya Bunda.” Dan kembali lah Omar berendam di bak dengan bahagianya.  (Tenang, semua sabun sudah Bunda taruh ditempat yang tinggi supaya kegiatan “berendam sabun ala bathtub versi Omar” ga kejadian lagi.)

Abis itu makan. Lanjut ke kegiatan menulis.  Doi lagi hobi banget nulis-nulis di papan tulis kayak 2 hari yang lalu. Heboh menulis sambil bercerita. Sambil berhitung juga. Abis itu sepeda-sepedaan di dalam rumah pake sepeda tingginya. Abis itu main manjat-manjat badan Bunda. Berdiri di atas punggung Bunda tanpa pegangan.  Kayak melatih keseimbangan gitu. Abis itu bobo siang.

Kegiatan menarik lainnya terjadi pada malam hari. Malamnya kami memilih kegiatan ringan yaitu membaca buku cerita. Omar memilih 2 buku tentang kereta (lagi hobi baca buku tsb).

Dan seperti biasa fans Ayah nomor 1 ini minta video call sama ayahnya. Mau bacain cerita untuk Ayah. Haha. Kegiatan read aloud ini berakhir berubah jadi kegiatan bermain peran, seolah-olah kami sekeluarga, Omar, Ayah dan Bunda mau jalan-jalan naik kereta. Seru! Ketawa-ketawa bertiga ^_^

Ada yang cukup mengharukan juga sih.

Pas Omar nanya, “Ayah kapan ke sini sih?”

Lalu Ayah jawab, “Ayah belum bisa pulang. Ada virus Corona.”

Trus Omar tampak berpikir trus bilang, “Hoo gitu. Nanti kalo Corona-nya udah pergi, Ayah pulang ke sini ya”.

Bunda langsung “nyess”! Ya Allah semoga pandemik Corona ini segera berakhir dan tidak memakan banyak korban. Lindungilah kami semua Ya Allah. Aamiin Yaa Rabbal’Alaminn..

Jadiii gimana nilai Bunda untuk hari ini? Tadaaaaa……

Nilai 4 dari 4.. yeaay alhamdulillah ❤

#day3 #Tantangan30hari #KelasKepompong #BundaCekatan #InstitutIbuProfesional

0

#dirumahaja

Alhamdulillah hari ini kegiatan kami lebih variatif. Beberapa hari belakangan, semenjak pemerintah menggalakkan aksi #dirumahaja terkait penyebaran kasus virus korona (covid-19) yang sedang mewabah di dunia, bahkan telah masuk ke Indonesia, kami sekeluarga punya aktivitas rutin baru di pagi hari, yaitu: berjemur bersama di halaman rumah. Kemarin, karena Bundamil dan Oma ada kelas daring, kegiatan berjemur ini pun gagal dilakukan karena terlalu riweuh dengan kelas masing-masing.

Nah pagi ini, kami kembali melakukan aktivitas berjemur di halaman rumah. Biasanya kegiatan ini kami lakukan dalam rentang waktu jam 08.00-11.00 sekitar 30 menit sampai 1 jam per hari, tergantung kondisi cuaca dan munculnya matahari yang terkadang malu-malu. Pagi ini kegiatan ini kami mulai jam 09.00 pagi ketika sinar matahari sudah mulai berasa.

Omar paling senang dengan kegiatan berjemur ini karena bisa main ke luar (walaupun di halaman saja). Biasanya kami berjemur di halaman samping sambil mencabut rumput. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Haha.

Nah kalo Omar biasanya berjemur sambil berkejar-kejaran dengan anak ayam atau main batu. Pagi ini agak sedikit berbeda. Atuk dan Uncu sedikit improvisasi dengan bekerja menambah kawat untuk pagar, dan seperti biasa yang paling heboh ingin membantu adalah Omar! Haha.

Awalnya, doi sibuk bantu-bantu menyapu halaman dengan sapu lidi di jalanan depan. Kemudian ikut ngintilin Uncu dan Atuk memasang kawat. Bundamil dan Oma ngapain? ya tetep khusuk nyabutin rumput. Haha.

Nah ternyata si bocah mulai agak bosan dengan agenda ngintilin ini dan tetiba dia berinisiatif ngambil sepeda kecilnya dari dalam rumah, gotongin keluar dan happy bolak-balik sepedaan di jalanan depan rumah. Haha.

Alhamdulillah rumah kami berada di ujung gang, dengan ujung yang buntu, jadi bisa keluar rumah dengan senang hati tanpa khawatir tentang social distancing karena memang jarang orang yang lalu-lalang di jalan depan rumah.

Omar pun happy sepedaan bolak-balik di jalan yang lengang. Haha.

Setelah aktivitas berjemur, kami lanjut berolahrga dengan memutar video Leslie Walk. 15 menit saja tapi alhamdulillah segar berkeringat. Dan ini juga merupakan kegiatan favorit Omar. Doi bisa berekplorasi melakukan gerakan senam bahkan loncat-loncat dan berkeringat. Bahkan Omar cukup hapal gerakan Leslie Walk yang ini lhoo.

Setelah berolahraga dan mendinginkan diri, Omar kembali ke rutinitasnya di pagi hari, “morning chores” nya Omar, yaitu masukin kain kotor ke mesin cuci dan mengoperasikan mesin cuci. Selalu terdepan mah Omar untuk urusan ini.

Begitulah kegiatan bahagia kami tadi ^-^

Jadi hari ini Bundamil dapat badge apa? Tadaaaa….

Nilai 3 dari 4. Yeaay Alhamdulillah ❤

#day2 #Tantangan30hari #KelasKepompong #BundaCekatan #InstitutIbuProfesional

0

Let’s get started!

Bundamil lupaaaa kalo hari ini tantangan 30 hari kelas kepompong dimulai 🙈🙈 Baru ngeh pas sore hari. Setelah hilang semua keriweuhan kelas daring hari ini. Dikarenakan work from home, tantangan banget nih mengajar di kala bocah 3y10m aktif ke sana kemari ngintilin emaknya. 😔

Ayah Omar sampe berkali2 bilang di wa, rileks Bunda, ga usah perfeksionis, jangan tegang kali 🙈🤣.

Jadi inilah kegiatan kami di sore hari setelah Bundamil sadar tentang tantangan 30 hari ini. TADAAAA..

Memanfaatkan papan tulis yang baru saja dipasang karena Bundamil harus mengajar secara online dan niru Bundanya tadi pagi-siang, sore ini Omar bertransformasi jadi Pak Dosen Omar, wkwkwkwk.

Mami, unin, dan mamagit bahkan Ayah Omar sampe geleng2 kepala liat tingkahnya bocah ini di video yg Bunda rekam. Oma ketawa2 tadi pas liat Pak Dosen Omar ngajar secara live.

Abis ngajar beralih jadi latihan ABCD dan menggambar. Berakhir dengan cerita tentang ikan, kapal dan bebek. Random memang. 🤣

Jadi bagaimana self evaluation Bundamil hari ini? Kayaknya Bundamil baru dapat badge ini deh:

Nilai 2 dari 4 karena belum terlalu maksimal (baru ngeh sore hari dan cuma bermodalkan material yg udah ada). Ke depan nya bakal berusaha lebih kreatif lagi. Semangaaat kakaaaa 💪💪💪💪

#day1 #Tantangan30hari #tahapkepompong #kelasBuncek #BundaCekatan #InstitutIbuProfesional

0

Aliran rasa ulat yang siap jadi kepompong 😍

Alhamdulillah dua bulan tahap ulat-ulat akhirnya terlewati. Mulai dari yang deg-degan si ulat-ulat mungil ini mau ngapain, lanjut pengembaraan di jungle of knowledge, lanjut kegendutan bahkan sampe muntah-muntah karena kemaruk makan potluck dan makanan lainnya yg tersebar di jungle of knowledge, tukar-tukar hadiah dengan teman seperjalanan sampe akhirnya menemukan buddy tersayang ❤ Semuanya Bundamil lalui dengan penuh rasa syukur. Alhamdulillah. ❤

Perjalanan ini membuat Bundamil semakin paham dengan diri sendiri. Paham dengan metode dan strategi pembelajaran yang paling cucok utk diri ini.

Udah dibekalin banyak ilmu juga sama mbak Tietien untuk melanjutkan perjalanan. So here we are, waiting for the next step.

Dan Bundamil menduga bahwa tantangan selanjutnya adalah tentang: praktek!!!

Go go Bundamil. You can do it. *Pasang ikat kepala* dan fighhhtiiiiingggg 💪💪💪💪

Dan tetaaaappp : jangan lupa bahagia 😘😘